Kamis, 25 Desember 2014

Terimakasih Pamongku

Aku akan berbagi pengalaman tentang praktek mengajarku di SMP 23 Pekanbaru....

        Tanggal 23 Oktober 2014, kami Mahasiswa Universitas Islam Riau di antar ke sekolah SMP 23 Pekanbaru oleh dosen pembimbing kami yaitu Mom Sri Yuliani, M.Pd.,... Setelah kami diterima oleh pihak sekolah, untuk minggu pertama di sekolah itu kaminbelum diperbolehkan mengajar,, tetapi masih mengikuti guru pamongnya masing-masing, terlebih dahulu melihat bagaimana cara mengajar dan mengondisikan kelas....

         Nama Pamongku, Dra. Hasni Repelita. Awalnya, banyak gosip terdengar kalau ibu Hasni orangnya pelit dalam pemberian nilai, trruusss susah kalau mau konsultasi mengajar... Tentu aku ni,, yang baru belajar "mengajar" sedikit takut.. Bagaimana kalau nilai praktekku rendah, tidak mencukupi KKM. Waaaah,, bisa-bisa mengulang di tahun depan.. Ooohh tidak maaaauuu..

       Aku coba tenang,, perkenalan awal dengan pamongku masih canggung. Tak tau harus bicara apa lagi.. Minggu pertama aku mengikuti buk Hasni masuk kelas,, kalau penilaian pertamaku terhadap buk Hasni,, anak-anak suka dengan cara mengajar buk Hasni,, ada canda tawa disela-sela mengajar. Ku perhatikan lagi,, apakah aku bisa mendekati pamongku yang penilaian orang bilang ini dan itu tentang buk Hasni..

        Minggu kedua,, aku sudah mulai di ajari tentang membuat RPP,, beliau berkata "Pita, buatlah dulu coretan-coretan RPP. Nanti mana yg salah ibu perbaiki dan ibu kasih tau mana yg benarnya"... Aku tersenyum di dalam hati.. Masih sekarang aku menilai ibu Hasni baik. Karena beliau mau mengajarkanku cara membuat RPP. Setelah revisi demi revisi RPP yg ku buat, aku langsung disuruh untuk mulai praktek mengajar. Aku masih gerogi,, tapi aku yakin aku pasti bisa.

        Aku mengajar dengan perlahan-lahan. Namanya juga masih awal kaaan, jadi aku dapat nilai di bawah KKM dari buk Hasni.... Aku bergumam "Tidak apa-apa,, ini masih awal. Praktek selanjutnya akan aku buktikan kalau aku bisa meraih nilai tinggi".

        Praktek mengajarku dihari-hari selanjutnya sangat menyenangkan.. Ibu Hasni membimbingku dalam pembuatan RPP, membimbingku bagaimana menjadi guru yg bisa menguasai materi,, mengondisikan kelas yg ribut dan menjadi guru yang bisa disenangi siswa-siswanya...

        Setelah penilaian praktek mengajarku cukup untuk 8 kali pertemuan,, aku melihat nilai yg diberikan pamongku. Alhamdulillah,, bukan menurun melainkan selalu bertahap naik. Dan ujian mengajarku mendapat nilai yg sangat memuaskan... Alhamdulillah wasyukurillah.

        Terimakasih ya pamongku, buk Hasni Repelita, atas bimbingannya dalam segala hal. Sehingga aku tau bagaimana membuat RPP dan cara mengajar yg baik. Ternyata, beliau tidak seburuk penilain orang.
Dan terimakasih penilainnya untuk aku... Hehehe

Tidak ada komentar: