Jumat, 22 Februari 2013

Kesan dengan Pak Alber, M.Pd. MK Menulis Lanjut


Nama               : Puspita Sari
Kelas               : 4E
NPM               : 116211827

KESAN PERTAMA DI AWAL PERTEMUAN
MATA KULIAH MENULIS LANJUT

Jum’at, 15 Februari 2013, pukul 16:00 WIB., di Gedung C FKIP di ruang 6.57 mahasiswa/i kelas 4E belajar di awal pertemuan mata kuliah Menulis Lanjut dengan bobot 2 SKS yang di asuh oleh dosen Alber, M.Pd., Beliau adalah dosen muda yang sudah mendapat gelar M.Pd., S2 di UNP (Universitas Negeri Padang) sebelumnya beliau menyelesaikan  S1 di UR (Universitas Riau) Pekanbaru. Saat ini beliau mengajar di berbagai Universitas di Riau termasuk salah satunya di UIR (Universitas Islam Riau) Pekanbaru. Mata kuliah Menulis lanjut adalah lanjutan dari Menulis di Semester 3 yang sebelumnya di asuh oleh Dosen Karsinem, M.Pd.

Saya adalah mahasiswi UIR dari kelas 4E, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan bahasa dan Seni Indonesia. Awal pertemuan, beliau belum memberikan materi kepada kami, ia hanya memberitahukan kontrak perkuliahan saat belajar Menulis Lanjut. Banyak pertanyaan yang beliau berikan kepada kami salah satunya adalah: Apa perbedaan Akronim dan Singkatan?. Beberapa orang dari kami menjawab untuk menjelaskan perbedaan tersebut. Mendengar jawaban dari beberapa orang tersebut, beliau hanya tersenyum dan berkata : “Semua benar, akan tetapi sedikit kurang tepat”. Karena kami belum begitu mengerti tentang perbedaan tersebut, maka beliau menjelaskan dengan baik, bahwa perbedaan Akronim dan Singkatan adalah terletak pada pengucapannya. Akronim adalah kata yang diperpendek dan bisa di baca pada lazimnya. Sedangkan Singkatan adalah kata yang diperpendek yang di baca huruf demi huruf. Contoh : Akronim : UNRI. Singkatan : UR.

Setelah ia menjelaskan perbedaan dan pengertian Akronim dan Singkatan tersebut. Maka berakhirlah pertemuan awal kami dengan Pak Alber. Kesan pertama yang saya dapat saat beliau mengajar kami yaitu saya begitu senang dan terinspirasi dari beliau, ingin melanjutkan S2 setelah saya dapat menyelesaikan S1 yang sedang saya jalani ini. Untuk awal pertemuan, beliau tidak terlalu monoton disela-sela ia mengajar ada canda dan tawa  yang kami rasakan. Bagi saya beliau tidak killer, mudah tersenyum saat menjelaskan dan mengajar kami. Mudah-mudahan beliau nyaman dengan kami dan lain semester lanjut bisa bertemu kembali.

Tidak ada komentar: