Senin, 16 Juni 2014

Tugas Semantik ---- Analisis Arti dari Surah Al-Fatihah


Analisis makna dari:
1.    Mengapa di dalam surah Al-fatihah yang artinya “Tunjukilah kami jalan yang lurus” kenapa tidak “Tunjukilah kami jalan yang benar”?

Analisis:
Depdiknas menyatakan, “Lurus adalah memanjang hanya dalam satu arah, tanpa belokan atau lengkungan (tentang garis dan jalan)”. Sedangkan, “Benar adalah sesuai sebagai mana adanya (seharusnya) betul, tidak salah. (Depdiknas).

Maksud surah Al-fatihah yang artinya “Tunjukilah kami jalan yang lurus” kenapa tidak “Tunjukilah kami jalan yang benar” adalah tertuju pada hati manusia. Memberikan jalan yang lurus atau hati yang lurus, hati yang terang untuk mengantarkan seseorang yang berjalan sampai kepada Allah SWT. Artinya, seseorang yang berada pada jalan yang lurus adalah menyembah Allah semata, bukan menyembah selain Allah. Sedangkan jika “Tunjukilah kami jalan yang benar” adalah bisa saja hati seseorang itu tersesat dan tidak berada di jalan yang benar. Seseorang yang menyembah Tuhan selain Allah maka ia berada di jalan yang tidak benar. Oleh sebab itu, hati di ikatkan oleh kata yang lurus tanpa ada belokan untuk tersesat. “Tunjukilah kami jalan yang lurus” merupakan tunjukilah kami hati yang lurus menuju Tuhan ku yaitu Allah SWT.

Tidak ada komentar: