Selasa, 07 Mei 2013

Cerita 5 Bungsu, Emak Segalanya.


Emak…

            Cerita yang akan gue posting adalah kisah nyata gue. Kisah nyata kehidupan gue.

            Dari gue usia 2 bulan sampek gue kelas 6 SD semester 1, gue dibesarin ama adik kandung dari Emak kandung gue. Seharusnya gue manggil bulek dan oom tapi karena gue diasuh sejak kecil jadi gue manggilnya Emak dan Bapak, orang tua angkat gue. Kenapa gue bisa diasuh ama mereka? Karena mereka hanya mempunyai satu orang anak dan itu laki-laki. Kata Emak kandung gue, waktu gue masih di dalam kandungan, orang tua angkat minta izin kalo gue mau diasuh ama mereka. Emak kandung gue kagak ngasih, karena Emak udah susah payah ngandung gue lagian dikira orang tua kandung gue kalo yang lahir adalah laki-laki karena kami adik beradik kagak punya sodara laki-laki. Tapi karena orang tua angkat gue emang udah pengen gue di bawa tapi kagak dikasih, bapak angkat gue bilang gini:

Bapak angkat : “Yuk, biarlah anak Yuk kalo udah lahir kami yang ngurus,” iba bapak gue.

 “Yuk” adalah nama panggilan kakak dalam bahasa Jawa. Terus Emak gue jawab,

Emak kandung : “Gak bisa lah, Yuk udah susah payah ngandung dia kok diminta. Kakang mu aja gak ngasih.

 “Kakang” adalah panggilan abang dalam bahasa Jawa. Akhirnya orang tua angkat gue pulang kerumah dengan hati yang kesal.

            Bulan Mei gue lahir, orang tua kandung gue rada kecewa karena yang lahir adalah bayi perempuan. Tapi walaupun yang lahir bayi perempuan namanya juga anak mau gimana lagi. Dapat kabar gue udah lahir, orang tua angkat gue buru-buru datang dan nengok gue. Mereka kaliatan begitu seneng.  Terus-terusan bujuk Emak kandung gue sampek satu bulan.

Emak angkat : “Yuk, anaknya untuk kami ajalah Yuk. Yuk punya anak perempuan udah banyak, sedangkan kami gak ada.”

Emak kandung : “Baru lahir kok udah diminta.” Bersikeras Emak angkat gue mempertahanin gue.

Bapak angkat : “Kalo Yuk gak ngasih, kami jadi orang gila. Nanti kan yang malu Yuk sama Kakang. Orang nanyak, itu siapa yang jadi orang gila? Oooh adiknya Buk Aseh, kasian ya.” Cerita bapak angkat gue, sambil nakut-nakutin Emak kandung gue.

            Bapak dan Emak gue denger omongan Bapak angkat, ketawa terbahak-bahak. Sampek akhirnya Bapak gue ngizinin gue diasuh ama orang tua angkat gue.

Bapak kandung : “Ya udah loh Mak, yang ngurus kan masih sodara kandung sama Emak. Gak apa-apa kalo dirawat adik mu toh.”

Emak kandung : “Iya Pak. Bawalah bayinya, baik-baik rawatnya yo?”

            Denger bapak kandung gue ngizinin, orang tua angkat gue seneng bukan kepalang. Pulang dengan bawa bayi, anak laki-laki satu-satunya dari orang tua angkat gue juga ikutan seneng, gue manggilnya “Mas”. Di sini lah gue mulai dibesarkan keluraga kecil nan sederhana bagi gue.

Mas     : “Yeee, aku punya adek bayi.”
Emak   : “Sayang gak sama adek”
Mas     : “Sayang Mak, ini anaknya Wawak kan, Mak?”
Emak   : “Iya, tapi sekarang jadi anak Emak sama Bapak. Dan jadi adek mu. Mau?”

            Mas gue seneng punya adek, dan kata Emak yang nagasih nama gue yaitu Mas. “Putri Assifa” itulah nama gue. setiap Mas pergi atau pulang dari sekolah, langsung cari gue, dan Mas juga kagak mau maen-maen sama temen-temennya karena Mas mau gendong gue terus. Lama kemudian gue makin besar dan masuk SD. Bapak, Emak, dan Mas makin sayang ama gue. Kalo ada hari pasar, Bapak dan Emak berlomba-lomba belikan baju buat gue. Sampek-sampek gue sendiri bingung mau pakek baju yang mana dulu.

Emak   : “Pakek yang dari Emak dulu ya, Wok. Cantik loh.”

“Wok” adalah panggilan untuk anak perempuan dalam bahasa Jawa.

Bapak  : “Yang dari Bapak lebih cantki, Wok. Baju dari Emak besok aja pakeknya ya, Wok.”

            Begitulah, buat gue makin binguuuung. Gue mau minta tolong ama Mas, tapi Mas udah kuliah di Pekanbaru. Jadi kami cuma bertiga di rumah. Bapak sering mancing di malam hari, setia mau pergi mancing Bapak pamit dulu ama gue.

Bapak  : “Wok, Bapak pergi mancing ya. Bapak pulangnya malam-malam.”
Gue     : “Iya Pak, tapi janji ya Pak  pulangnya bawa udang besaar.” Kata gue manja.

            Gue selalu bilang kalo pulang bawa udang besar, karena itu adalah udang besar kesukaan gue. Kagak tau caranya, setiap pulang dari mancing emang bapak pulang selalu bawa udang besar. Gue seneng banget dan langsung minta Emak buat goreng udang kesukaan gue itu. Suatu hari, Mas pulang dari Pekanbaru. Kebetulan juga bapak mancing dan dapat udang besar lagi, waktu udangnya udah di masak ama Emak gue, dengan nafsu laper gue langsung mau makan. Eeeh tapi malah diganggu sama Mas. Gue nangiiis karena Mas juga mau makan udang kesukaan gue, tapi malah Bapak dan Emak bela Mas.

Emak   : “Bagi loh Wok sama Masnya. Mas juga mau itu.”
Gue     : “Ya udahlah, untuk Mas semua itu udangnya.” Gue merajuk.
Bapak  : “Masnya sekali-kali pulang ke sini, Wok. Bagi sama Mas, besok kalo Mas udah pergi lagi, Bapak carikan udang lebih besar untuk kamu sendiri.” Bujuk bapak.
Gue     : “Iya, tapi Bapak janji ya.”

            Mas gue ketawa-ketawa lihat tingkah gue. Mas suka banget usilin gue, buat gue ngambek dan bikin gue nangis. Tapi, walaupun Mas usilin gue terus gue tetep sayaaaang ama Mas sampek Mas balik lagi ke Pekanbaru, gue terus nanyak-nanyakin Mas.

            Tahun ke tahun, gue pun naik kelas terus. Waktu gue udah kelas 5 SD, Emak gue sering sakit-sakitan. Kadang juga sering kejang-kejang. Gue kagak tau, penyakit apa itu? Tapi kata orang yang ngobatin, Emak kenak penyakit darah tinggi. Kagak boleh makan daun ubi, kagak boleh makan daging. Setiap penyakit Emak kambuh, gue selalu buatin obat yang udah di anjurkan. Yaitu buah Jipang diparut dan airnya yang super duper pahit harus di minum Emak. Gue kasian liat kondisi Emak kayak gitu.

            Awal gue baru naik kelas 6 SD, sebelum masuk sekolah dan libur panjang. Gue ama Emak pergi ke rumah Kakak kandung gue yang pertama karena mau ada acara cukur anak. Ada potong kambing juga. Gue kagak tau, Emak ada makan daging ntu kambing atau kagak. Pulang dari rumah kakak, dua atau tiga hari kemudian penyakit Emak kambuh bahkan lebih parah kalo kagak salah kambuhnya ntu  Selasa dini hari, yaa sekitar jam tiga-an gitulah. Bapak panik dan buru-buru panggil Pak Lubis. Pak Lubis bisa bantuin ngobatin karena Pak Lubis bisa di bilang seperti tabib gitu. Liat Emak kejang-kejang gue nangis, kasihan liat Emak. Gue inget-inget, kayaknya emang Emak kagak sengaja makan daging kambing dari rumah kakak kemaren. Makanya penyakit Emak kambuh kayak gini, gumam hati gue.

            Selasa dini hari penyakit Emak bisa disembuhin, tapi hanya bisa bertahan beberapa hari aja. Malam Jumat sehabis maghrib, gue tidur-tiduran di kamar Mas. Emak datang, minta kepalanya gue pijitin. Tapi karena gue pura-pura tidur dan lagi malas, bapak gue ngomong.

Bapak  : “Anaknya tidur kok, nanti aja kalo udah bangun.”
Emak   : “Kepala Emak sakit Pak’e, Nyut-nyutan.”

            Gue tau, Emak tiduran juga di samping gue dan gue pun akhirnya bener-bener ketiduran. Kagak lama ntu, Bapak bangunin gue dengan cemas.

Bapak  : “Wok, bangun. Tengok Emak kejang-kejang lagi.”

            Gue pun langsung kebangun, gue panik banget. Bapak minta tolong ama Pak Lubis, 20 menit kemudian kejang-kejang Emak reda. Gue natap Emak, ini salah gue coba aja gue tadi mau pijitin kepala Emak yang lagi sakit, gumam kesal gue. kebetulan malam itu ada acara pesta kagak jauh dari rumah gue. Leli, anak Pak Lubis ngajak gue nonton keyboard (baca: kibot) di pesta tersebut. Trus gue minta izin ama Bapak. Bapak ngizinin gue pergi, karena dilihat Emak udah tenang dan lagi tidur.

Bapak  : “Pulangnya jangan malam-malam yo Wok.”

            Itulah pesan bapak waktu gue mau pergi nonton keyboard (baca: kibot) sama Leli. Sebelum pergi, gue cium Emak. Jalan kaki, gue dan Leli ke acara itu. Kira-kira 30 menit gue di situ, Pak Lubis ternyata nyari-nyari gue. udah ketemu ama gue:

Pak Lubis        : “Ayok pulang, Emak kamu kejang-kejang lagi.”

            Nada panik Pak Lubis terdengar jelas. Gue langsung dibonceng naik motornya. Belum nyampek di depan rumah, gue udah liat rumah gue penuh dengan orang. Mereka liat Emak yang lagi kejang-kejang. Detak jantung gue makin debar-debar dag dig dug. Gue sangaat takut. Gue beranikan masuk untuk liat Emak, ternyata Emak emang lagi parah. Ketakutan gue semakin mendalam, karena mata emak melotot, gigi di adukan dengan giginya sendiri, dan dari mulut Emak keluar busa. Gue ngerasa Emak melototin gue, gue juga ngerasa Emak marah ama gue karena gue kagak ada di samping Emak, saat Emak sakit. Perasaan gue gak menentu. Gue coba beranikan diri deketin Emak, dan pegang tangan Emak sambil nangis. Beberapa menit kejang dan beberapa menit diam begitulah Emak.

            Gue liat bapak, khawatir, cemas, panik itulah yang terlihat dari raut wajah bapak. Tangis gue semakin menjadi. Gue juga bingung harus ngapain. Mas lagi kagak ada di rumah, tapi lagi kerja jauh dari kampung gue. Orang tua kandung gue juga ada di rumah itu, Bapak berembug dengan orang tua kandung gue. Mereka sepakat kalo Emak mau dilarikan ke rumah sakit Dumai. Jam setengah satu malam akhirnya Emak di bawa ke rumah sakit Dumai, gue disuruh ikut tapi gue takut kalo deket Emak. Gue duduk di depan, samping supir ama Emak kandung gue. Sesampainya di Dumai, semua yang ngantar Emak ke rumah sakit semakin khawatir. Karena, rumah sakit pertama yang kami datangi, kamar inapnya penuh kagak bisa nampung orang sakit lagi. Lanjut ke rumah sakit kedua, kamar inap ada yang kosong tapi dokter ahlinya kagak ada di tempat. Gue tambah kasian banget liat Emak yang udah lama kejang-kejang tapi belum ada perawatan khusus yang nanganin Emak. Terus cari rumah sakit, jam tengah 5 subuh  akhirnya dapat di rumah sakit Putri Tujuh dekat pelabuhan Dumai. Emak langsung ditangani dokter.

            Emak masih aja kadang-kadang kejang kadang-kadang diam. Dokter nyaranin, kalo tangan dan kaki Emak diikat. Gue makin kagak tega, liat Emak gue kaki dan tangannya diikat. Siangnya Mas gue yang dari Pekanbaru datang Mas udah tamat kuliah dan sedang bekerja, Mas yang liat Emak gak berdaya, lemah, liat kaki dan tangannya diikat Mas langsung histeris nangis. Gue ikut nangis dan peluk Mas sambil berkata:

Gue     : “Mas, Emak sakit. Kasian Emak.”

            Kata-kata itu terus yang gue lontarin ke Mas. Tekanan darah Emak semakin naik hingga mencapai 360, melewati standar. Siang itu dan sampai hari Sabtunya Emak kagak ada lagi kejang-kejang. Sampai Minggu dini hari, gue masih keadaan tidur gue mimpi Emak sembuh gue langsung deketin Emak.

Gue     : “Mak, mana yang sakit? Biar di Pijitin.”
Emak   : “Kepala, Wok.” Kata Emak.

            Gue langsung pijitin kepala Emak dan liat uban Emak banyak, gue bilang:

Gue     : “Mak, uban Emak udah banyak. Kalo kita udah pulang dari rumah sakit, aku cabutin uban Emak ya?”

            Emak kagak ngejawab, akhirnya gue tersentak bangun. Gue langsung berdiri dan ngedeketin ranjang Emak, gue inget mimpi gue tadi. gue langsung pijitin kepala Emak. Sambil mijitin kepala Emak, gue liat Emak kandung gue kagak ada di kamar. Gue keluar nyari Emak kandung gue. Gue nemuin Emak kandung gue duduk di bangku sambil termenung, gue manggil Emak kandung gue dengan sebutan “ Uek”. Gue kagak tau kenapa gue manggil Emak kandung gue dengan sebutan itu. Gue samperin.

Gue                             : “Uek kok di luar? Gak tidur?”
Emak Kandung           : “Uek gak bisa tidur, susah mau tidur Wok.”

            Gue dan Emak kandung gue berjam-jam duduk di luar, sekitar pukul 6 pagi Mas teriak panggil dokter. Bapak, Emak kandung gue dan gue langsung nyamperin Emak. Gue kagak tau apa yang terjadi. Dokter datang, meriksa kondisi Emak. Di liat tekanan darah, tekanan darah Emak nurun drastis, semua panik dengan keadaan ini. Mas langsung buka ikatan yang mengikat tangan dan kaki Emak. Kami nunggu sampek pukul 7.15, dokter datang lagi dan meriksa tekanan darah Emak. Ternyata tekanan darah Emak semakin turun yang awalnya 360 yang tinggi banget tekanannya malah turun menjadi 60.

Akhirnya dokter berkata: “Pasien sudah tiada”

            Sepontan Bapak, Mas, Emak kandung gue dan gue menangis dan gak percaya Emak meninggakan kami. Meninggalkan gue yang masih kecil. Gue liat Mas mencium kedua kaki Emak sambil terus dan terus menangis lalu minta maaf. Gue juga buat apa yang Mas buat ke Emak, gue cium kaki Emak dan minta maaf juga. Gue langsung peluk Emak, cium pipi Emak. Gue bener-bener kagak percaya secepat ini Emak ninggalin kami. Bapak nelfon keluarga di rumah, dan ngabarin kalo Emak udah gak ada. Pagi itu juga kami pulang dengan membawa jasad Emak yang udah gak bernyawa lagi. Sepanjang jalan gue di peluk Mas:

Mas     : “Emak kita udah gak ada dek, kita udah gak punya Emak lagi.”

            Sepanjang jalan itu juga Mas ngucapin kata-kata itu terus ke gue. Nangis tiada henti, sampai akhirnya kami tiba di rumah dan udah disambut ama keluarga juga tetangga-tetangga yang mengenal Emak. Kami turun dari mobil AMBULANCE, semua menghampiri. Gue langsung di peluk sama tetangga yang dulunya akrab ama Emak. 

            Jenazah Emak diletak di atas kasur, begitu banyak orang melayat. Setelah itu jenazah Emak dimandikan, gue ikut mandiin jenazah Emak. Mas pangku kepala Emak, gue pangku bagian pinggang Emak. Selesai dimandikan, jenazah Emak dikafani dengan kain putih bersinar. Gue dan Mas ganti pakaian. Lalu kami dipanggil untuk mencium terakhir kalinya kepada Emak. Sesudah dikafani, kami mengantar Emak ketempat peristirahatan terakhirnya. Semoga Emak diberi kuburan yang lapang, dan diterima di sisi Allah Swt., Amiiin.

            Gue denger dari orang-orang tua yang ngobrol di rumah gue, kalo waktu jenazah Emak dimandikan. Wajah Emak berseri, bibirnya tersenyum, gue kagak begitu memperhatikan apa yang mereka perhatikan, dan kata mereka juga saat dimandikan badan Emak bukannya dingin tapi masih hangat. Allah maha besar, ternyata Emak senang dijemput oleh para Malikat utusan Allah Swt., jadikanlah Emak bidadari surga Mu ya Robb!!!. 


#    S E K I A N    #

Tidak ada komentar: